EEPIS Online – Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan
Komunikasi (GEMASTIK) ke-9 kembali dilaksanakan pada 27-29 Oktober 2016.
Kegiatan yang dibawahi langsung oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian
Masyarakat (DP2M) DIKTI tersebut, diikuti oleh mahasiswa dari berbagai
perguruan tinggi di Indonesia dan salah satunya adalah Politeknik Elektronika
Negeri Surabaya (PENS). Project Blue-9, salah satu tim asal PENS, berhasil membawa
piala kemenangan seusai menjuarai kategori Pengembangan Aplikasi Permainan.
Pada tahun ini, Universitas Indonesia terpilih
sebagai tuan rumah di ajang final acara tahunan bergengsi tersebut.Tema
utama yang diusung kali ini adalah Enabling
Smart Society Trough ICT. Terdapat 10 kategori perlombaan, diantaranya
Pemrograman, Pengembangan Perangkat Lunak, Data Miining, Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi, Animasi, Piranti Cerdas dan Embedded System, Desain User Experince, Pengembangan Bisnis TIK,
Pengembangan Aplikasi Permainan, dan E-Government.
PENS berhasil
mengirimkan dua tim terbaiknya melaju ke babak final GEMASTIK dibidang
Pengembangan Aplikasi Permainan dan E-Government. Tim Project Blue-9 yang
dinaungi oleh tiga mahasiswa
Porgram Studi Teknik Infomatika yakni Kevin Andrean
Haryadi, Siti Zunia Rahmawati dan Pinky Cindy Arie Pradina berhasil meraih
juara pertama dibidang pengembangan aplikasi permainan. “Sebelumnya kami tidak
menyangka kalau kami bisa mendapat juara, tapi alhamdulillah bisa membawa nama
baik PENS di ajang nasional,†ungkap Siti Zunia Rahmawati selaku anggota tim.
Tim yang berasal
dari komunitas Game Kita ini mengaku bahwa terdapat tiga babak penyisihan dalam
GEMASTIK yakni penyeleksian proposal, video demo aplikasi dan babak final. Get the shell merupakan nama game yang dibuat oleh tim Project Blue-9. Dengan mengangkat tema
edukasi, konsep yang digunakan adalah perpaduan antara matematika dasar dan puzzle. “Game yang kami buat diperuntukkan terutama untuk anak-anak, dimana
sekarang banyak anak yang suka bermain game.
Kami ingin mereka tidak hanya bermain saja tetapi juga dapat belajar dari game tersebut,†tutur Pinky Cindy Arie
Pradina saat ditemui dikantin PENS.
Tidak hanya itu, game yang telah berhasil meraih juara pertama
tersebut akan terus dikembangkan dan hingga saat ini tim Project Blue-9 tetap menjalin komunikasi dengan para juri yang
ditemui pada babak final GEMASTIK 2016. “Kami menerima kabar jika game Get
the Shell ini akan diikutkan di ajang IMAGINE Cup, sehingga kami terus berusaha untuk memperbaiki dan
mengembangkan game ini,†ungkap Pinky
Cindy Arie Pradina yang merupakan angkatan 2015. Diharapkan prestasi tersebut dapat memotivasi sehingga makin banyak mahasiswa PENS yang turut berpartisipasi dalam
kompetisi-kompetisi yang dapat membawa nama baik PENS dan berhasil menorehkan prestasi terbaik
bagi kampus tradisi juara ini. (azf/zya)