EEPIS Online – Sirkuit Kenjeran Surabaya diramaikan dengan Indonesian Energy Marathon Challenge (IEMC) 2014. Acara ini akan diselenggarakan selama empat hari yakni 16 – 19 Oktober. Pada 2014, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) kembali menjadi tuan rumah untuk kali ketiga.

Dengan melombakan 68 unit mobil hemat energi, IEMC melibatkan lebih dari 60 perguruan tinggi di Indonesia. Peserta merupakan mahasiswa tingkat D3 dan S1 dari seluruh perguruan tinggi. Dalam kompetisi ini terdapat dua kategori yakni prototype dan urban concept. Pada masing-masing kategori terdapat empat kelas bahan bakar yang digunakan diantaranya bahan bakar bensin, diesel, listrik dan etanol.

Seperti dua tahun sebelumnya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mengirimkan dua mobil listrik di masing-masing kategori. Satu di kategori prototype (Cha-Pens Proto) dan satu lainnya di kategori urban concept (Cha-Pens Urban). Kedua mobil buatan mahasiswa PENS ini menggunakan bahan bakar listrik. Cha-Pens proto berada dibawah bimbingan Bapak Mochammad Machmud Rifadil, S.ST, MT dan Bapak Syechu Dwitya Nugraha, S.ST sebagai pembimbing Cha-Pens Urban.

Opening caremony dilaksanakan pada Kamis (16/10) pukul 08.00 WIB di Sirkuit Kenjeran. Sebagai acara milik Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) turut hadir dalam acara ini Dra. Victoriana Suhartini selaku Kasubdit Kreativitas Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat. Tidak sendirian, dari pihak DIKTI beliau juga didampingi oleh Yudi Harianto, ST. Pembukaan terasa unik, dimana tidak hanya ramai peserta melainkan juga ramai pengisi acara. Hiburan yang disuguhkan untuk peserta dari seluruh Indonesia ini seperti Reog Ponorogo, Marching Band dan Tari Remo.

Dengan mengangkat tema Innovate and Inspire di tahun 2014, IEMC diharapkan mampu menginovasi dan menginspirasi mahasiswa utamanya untuk pengembangan mobil masa depan hemat energi yang juga ramah lingkungan. Tidak hanya test drive dan perlombaan mobil di sirkuit, beberapa kegiatan menarik lainnya yang diselenggarakan Teknik Mesin ITS ini yaitu photo contest, tour session, kompetisi off track (Best Team, Best Video, Best Design). Tidak puas dengan acara tersebut, rencananya akan digelar pula vehicle exhibition di gedung Robotika ITS saat closing caremony pada Minggu (19/10) mendatang. (nan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian