EEPIS-Online. Ajang tahunan National Polytechnic English Olympics (NPEO) kembali dilaksanakan mulai hari ini (5/5) hingga Sabtu (10/5) di Medan, Sumatra Utara. Acara yang baru diadakan 2 kali ini mencakup berbagai divisi olimpiade bahasa inggris. Tak berbeda dengan tahun lalu divisi yang diperlombakan antara lain : English debate, Story telling, News Casting dan Speech. 

Dalam Acara yand diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Medan ini PENS mengirimkan 7 wakil terbaiknya yakni Eka Wahyu Widianingsih, Rizki Amalia Miza dan Rudy Winarko dari 3 D3 MMB A dalam divisi English Debate, Raka Wicaksana dari 1 D3 MMB B dan Megadea dari 2 D4 Telkom A dalam divisi Speech Contest sedangkan Lina khoirunnisa dari 2 D4 Telkom B dan Puspita Kurnia Sari dari 1 D3 Elin B dalam divisi Story telling. Selain tim, PENS juga memberangkatkan pembimbing dari pihak dosen yaitu Ibu Radhina dan bapak ALiv Faizal Muhammad, S.Pd. ,M.Pd. 

Secara teknis perlombaan tidak jauh berbeda dengan tahun lalu tetapi kecuali untuk divisi Story telling terdapat perubahan dalam sistem perlombaan yang dulunya hanya story telling tetapi untuk tahun ini ditambah dengan ‘solo acting’ sebagai bahan penilaian. Begitu pula dengan speech yang mempunyai beberapa kategori yakni Oratori speech, Demonstration, Ocation, dan lain-lain. Sedangkan debate tetap menggunakan sistem Asian Parliamentary dengan Point of Information (POI) atau diperbolehkan adanya pengajuan interupsi ketika lawan melakukan pidato tetapi dengan ijin dari pihak yang memberikan pidato. Sistem tersebut merupakan sistem yang banyak diadopsi sebagai dasar debate khususnya didaerah Asia.

Saat ditanya di sela-sela keberangkatan, Tim NPEO 2 PENS optimis mendapat hasil yang terbaik. "Kami sudah berlatih mental maupun fisik untuk NPEO tahun ini, semoga mendapat sesuai apa yang telah diimpikan," Ujar Rizki Amalia Miza.

Ikut serta dalam pelepasan delegasi tim NPEO 2, Direktur PENS Bapak Dr. Zainal Arifin S.T., M.T. dan Asisten Direktur 3 Bapak Dr. Indra Adji Sulistijono S.T., M.Eng. untuk memberikan semangat dan doa agar diberi prestasi yang membanggakan. "NPEO 2 ini sebagai ajang bagi PENS untuk membuat prestasi baru khususnya dibidang bahasa inggris," ujar Bapak Dr. Indra Adji Sulistijono S.T., M.Eng (rdy/aul)

wpChatIcon
EnglishIndonesian