Terbanyak, PKM Karsa Cipta Lolos 78 Judul

EEPIS-Online(28/01), Setelah kurang lebih 3 bulan menunggu, akhirnya dana hibah PKM secara resmi diumumkan oleh DIKTI. DIKTI mengunggah Surat Keputusan dengan nomor 0263/E5/2014 di website DIKTI

Pengumuman ini disambut respon positif oleh banyak mahasiswa pengaju judul PKM. Karena tahun ini, DIKTI satu bulan lebih cepat mengumumkan jika dibanding tahun lalu.

Dalam lampiran SK tersebut, terdata 112 judul PKM terdanai dari 290 proposal yang diajukan. Kali ini PENS patut berbangga, pasalnya, jumlah judul terdanai meningkat sebanyak 3% dari sebelumnya yang hanya 77 judul di tahun 2013. 

Dalam 112 judul tersebut, PKM Karsa Cipta muncul mencolok dengan judul terbanyak yang di danai, yakni 78 judul. Disusul dengan PKM Penerapan Teknologi 15, PKM Kewirausahaan sebanyak 8 judul, 7 judul untuk PKM Pengabdian Masyarakat, dan 4 judul PKM Penelitian.

"Alhamdulillah, semoga ini bisa jadi langkah yang baik buat saya dan PENS khususnya, semoga bisa memberikan kontribusi juga untuk Indonesia melalui PKM ini," ujar Evi Tri Lestari, mahasiswa Teknik Telekomunikasi penerima dana hibah PKM Penelitian. 

Daftar penerima dana hibah PKM dapat dilihat disini.

Marak Isu Miring Jelang Pengumuman Resmi

Menjelang pengumuman ini, para calon penerima dana juga dihebohkan dengan isu miring. Tepatnya, saat kurang lebih satu bulan yang lalu, beredar kabar bahwa PKM terdanai dapat dilihat di akun pengajuan. Padahal, saat ditanyai, DIKTI mengatakan bahwa itu hanya dana dari korektor saja, belum pasti lolos dan di danai. 

Kedepannya, DIKTI masih memiliki ‘hutang’ kepada para penerima dana hibah mengenai pengumuman jumlah dana yang diterima. 

Pihak manajemen PENS juga berencana akan segera mengumpulkan para penerima dana hibah untuk memberikan arahan persiapan monev. Pihak PENS mentargetkan mahasiswa yang lolos PIMNAS tahun ini jauh lebih banyak dari tahun lalu. 

Dalam rangka ini, bekerja sama dengan pihak manajemen PENS, Kementrian Riset dan Teknologi (RISTEK) BEM PENS yang menaungi program PKM ini terus melakukan pendampingan, pantauan dan penindaklanjutan. "Pasti di follow up kok oleh kami, para penerima hibah tinggal tunggu saja," ujar Dica Paramitha selaku Menteri Ristek BEM PENS. (nat)

wpChatIcon
EnglishIndonesian