EEPIS-Online (7/10), Penyelenggaraan Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) kali ini memasuki tahun ke-enam. Pada tahun ini, GEMASTIK dilaksanakan di kampus Institut Teknologi Bandung mulai 7-9 Oktober 2013. Ajang ini merupakan program Direktorat Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI.

GEMASTIK 6 mengangkat tema "TIK untuk Kemandirian Bangsa". Dengan diusungnya tema ini diharapkan mahasiswa mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

Terdpat beberapa cabang lomba dalam Gemastik 2013 diantaranya Debugging, Rancangan Perangkat Lunak, Inovasi Perangkat Lunak, Embedded System, Game atau Permainan, Karya Tulis Ilmiah, Sistem Cerdas, Keamanan Jaringan dan Data Mining.

Lima tim dari PENS berhasil lolos seleksi dan memasuki tahap selanjutnya di ITB. Tiga tim bersaing di bidang embedded system dan dua lainnya berjuang di Game dan Inovasi Perangkat Lunak. Beberapa delegasi asal PENS ini diantaranya:

Embedded System

– At Taufiq Team (Muhammad Taufiq, Muhammad Ishom, Nur Fadlilah Husnandanti)

– Jalan Terus (Achmad Wildani Arifana, Trino Tri Saputro, Febri Hermanto)

– PENS 123 (Rendy Azhari, Sulung Wisnu Brata)

Games

-Cibulabula (Nurul Arini Z, Ferdy Herlambang H)

Inovasi Perangkat Lunak

-Dreamcode (M. Arief Fakhrudin, Dewi Wijayanti)

Pada hasil technical meeting yang dilaksanakan pada Senin (7/10) urutan presentasi peserta ditentukan melalui pengundian. Pelaksanaan presentasi, demo alat, diskusi dan tanya jawab dilaksanakan serentak tiap divisi lomba di tempat yang berbeda. Tim At-Taufiq kategori embedded system dan Dreamcode kategori IPL mendapat urutan pertama. Cibulabula urutan kedua untuk divisi permainan. Jalan Terus dan PENS 123 maju diurutan ke tiga dan enam.

Lomba akan dilaksanakan pada Selasa dan Rabu. Seluruh tim asal PENS maju pada Rabu (9/10). "Kami berjuang total dalam perlombaan ini harapannya dengan hal itu mampu lebih mematangkan tim, utamanya secara mental," ungkap Taufiq. Selamat berjuang wakil Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, semoga mampu memberikan yang terbaik. Politeknik "JOSS".(nan/sat)

wpChatIcon
EnglishIndonesian