EEPIS-Online, Berdasarkan kesepakatan yang telah di hasilkan pada Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) yang lalu. Di tahun 2014 akan dilaksanakan pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN) secara bersama.

Sistem baru ini dilakukan bersama oleh 38 Politeknik Negeri di Indonesia. Diperuntukkan bagi para alumni SMA/SMK yag akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi khususya dalam bidang vokasi atau politeknik negeri di seluruh Indonesia. Kemudahan akan dirasakan para peserta pendaftar, pasalnya dengan sistem ini peserta bisa memilih beberapa politeknik-politeknik yan tersebar di seluruh indonesia dalam sekali mendaftar.

Tidak hanya itu saja, peserta juga tidak akan di bebankan biaya dalam pendaftaran. PMDK-PN ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi peserta yang berprestasi, namun juga peserta yang berasal dari keluarga ekonomi lemah serta memiliki prestasi yang baik yang dapat bergabung dalam program beasiswa Bidikmisi.

Dibalik Sistem yang telah sampai pada tahap soft louncing ini. PENS patut berbagangga pasalnya dipercaya untuk menjadi TIM pusat dalam pemangunan sistem ini. Mulai dari sebagai penyedia layanan (host), pembuat aplikasi, dan menjadi server. "Dipercaya karena latar belakang elektronik,robot dan IT yang dipandang bagus, semua pekerjaan besar ini dipercayakan kepada kami, untuk itu dengan sebaik-baiknya kami bagun sebaik-baiknya," ujar Bapak Rusminto selaku Penanggug jawab IT pusat.

Tidak ada kendala khusus dalam pembangunan sistem baru ini, hal demikian berkat kerjasama yang apik dari masing-masing tim IT dari politeknik-politeknik dan pihak yang ikut andil bagian dalam pemabangunan sistem ini. Oleh sebab itu, direncankanpada bulan Februari akan siap untuk dkasanakan grand louncing. Namun sebelum itu, sebagai bentuk memaksimalkan koordinasi di semua politeknik, di rencanakan pula akan dilakukan pertemuan seluruh TIM IT di PENS pada tanggal 25 januari 2014 ini.

Dukungan dari pemerintahan yang apik, membuat sistem ini terbangun dengan cepat dan akan terus disempurnakan. Mualai dari kemungkinan-kemungkinan terkecil yang bisa terjadi akan terus di minimalisir, dengan dilakukan uji coba yang akan dilakukan setelah pertemuan tim IT esok hingga sebelum grand loncing. Uji coba ini sangat perlu dilaksanakan, untuk singkronisasi yang apik antara sistem dan ketentuan yang tiap-tiap PN miliki dan notebene berbeda-beda. Uji ini, tdak akan memakan waktu yang lama, diperkirakan dalam 1 minggu waktu uji coba ini selesai dan dilanjutkan penyepurnaan yang lebih dalam.

Saat ini, khalayak umum dapat mengakses Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur PMDK-PN melalui situs www.pmdk.politeknik.or.id. Dengan begitu diharapkan calon peserta/siswa dapat segera mempersipakan apa saja yang perlu di persiapkan dalam pendataran. "kemudahan sudah di berikan untuk calon peserta, diharapkan tidak ragu untuk mendaftar ke PN karena PN merupakan pendidikan yang mengkombinasikan antara keterampilan dengan teori dimana prakteknya lebih banyak. mau siap kerja ya ploiteknik ahlinya," Ujar bapak Rusminto selaku Asisten Di rektur 1 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. (arn)

wpChatIcon
EnglishIndonesian