Pada dasarnya latihan yang baik adalah langsung pada sistem
nyata, namun jika latihan tersebut adalah latihan dengan serangkaian
komando dan kontrol yang rumit maka tentunya memerlukan tenaga,
biaya, dan waktu yang tidak sedikit serta beberapa resiko yang
mungkin terjadi. Latihan tersebut misalnya adalah latihan
mengemudikan kapal yang mengikuti rangkaian teoritis yang
memerlukan koreksi dan ketelitian Tentulah latihan mengendalikan
kapal bukan suatu permainan , semua aspek harus diperhatikan,
ukuran kapal, keselamatan penumpang, navigasi, gerak kapal,
environment dan sebagainya. Jika salah mengemudi apa yang anda
pikirkan? Ide dari tugas akhir ini adalah sebuah simulasi kapal dengan
sistem kontrol kapal pada umumnya. Simulasi ini memberikan suatu
pengetahuan dan gambaran tentang bentuk kapal barang, skenario
pengendalian kapal dan faktor yang mempengaruhi stabilitas dan
pergerakan kapal sehingga dapat dijadikan rujukan pelatihan kendali
kapal. Dari hasil analisa terdapat hubungan yang linier antara
pengaruh eksternal ombak terhadap posisi dan rotasi kapal. Semakin
besar ombak maka kisaran perubahan posisi dan rotasi kapal semakin
besar. Pergerakan kapal juga dipengaruhi oleh kecepatan dan sudut
theta kapal. Simulasi divisualisasikan dengan 3D agar lebih menarik
dan mempermudah pengamatan. Simulasi ini dibangun dengan
menggunakan game engine sekaligus game editor Unity 3D dan Java
Script serta C# sebagai bahasa pemrograman.

wpChatIcon
EnglishIndonesian