Abstrak
Pada jurnal akan mendiskusikan tentang aplikasi edukasi pengenalan perangkat jaringan berbasis tiga dimensi dimana pengguna dapat mempelajari pengenalan dasar jaringan seperti jenis perangkat jaringan yang umum digunakan, jenis jaringan dan jenis topologi jaringan. Setelah pengguna mempelajari dasar jaringan kemudian akan melatih kemampuan yang telah dipelajari dengan materi kuis teori dan kuis seputar perangkat jaringan, disediakan juga sesi perakitan jaringan komputer. Berdasarkan hasil survey dengan menggunakan quisioner yang ditujukan kepada siswa SMK Negeri 1 Cerme Gresik jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, didapatkan hasil 59% responden menyatakan spesifikasi ini cukup mudah untuk pelajari dan dipahami, 38% responden menyatakan kurang lengkap dan perlu penambahan, 49% responden menyatakan pembelajaran mudah dan lebih fleksibel dengan media pembelajaran digital, 38% responden menyatakan kalimat tutorial cukup mudah untuk dipahami dan dimengerti, 42% responden mengatakan tertarik dengan tampilan aplikasi, 46% responden menyatakan suara tutorial yang dikeluarkan cukup jelas terdengar, 50% responden menyatakan objek pada aplikasi ini cukup jelas terlihat, 38% responden menyatakan bahwa aplikasi ini cukup sesuai dengan pembelajaran di sekolah, dan 46% responden menyatakan bahwa aplikasi ini cukup bermanfaat untuk pembelajaran pemula. Dengan adanya aplikasi ini, pengguna dapat mempelajari dan mengetahui segala sesuatu tentang jaringan komputer dan seputar permasalahan yang ada pada jaringan komputer.
Kata Kunci : Aplikasi Edukasi Pengenalan Jaringan Komputer Berbasis Tiga Dimensi, Perakitan, Survey, Unity.