Di era globalisasi ini, teknologi sudah semakin jauh berkembang.
Hampir semua kegiatan yang biasanya dilakukan oleh manusia,
sekarang sudah digantikan dengan alat-alat elektronik. Termasuk
diantaranya teknologi dalam pembelajaran. Dengan semakin majunya
pendidikan di Indonesia sekarang, maka perlu adanya trobosan baru
dalam hal pembelajaran khususnya bagi anak pra sekolah. Dalam
perancangan alat ini, maka digunakan metode whole language sebagai
metode pembelajaran membaca. Metode menggunakan suatu
pendekatan bahasa yang menyajikan pembelajaran bahasa secara utuh
atau tidak terpisah-pisah. Salah satu bentuk metode whole language
adalah seorang anak berperan aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu
agar alat ini dapat digunakan untuk anak prasekolah, maka pada
perancangan alat ini digunakan kata-kata mulai dari kata-kata yang
paling mudah dan paling sering diucapkan seorang anak sampai katakata
yang sedikit sulit. Sebuah kata yang ditekan oleh seorang anak akan
ditampilkan melalui LCD karakter 16X2. Output suara juga
ditambahkan pada alat ini sehingga seorang anak dapat melihat kata
yang dia ketik sekaligus mendengar cara pembacaannya. Dari hasil
pengujian system telah diketahui waktu akses membaca mulai dari
menekan tombol sampai pada output suara yaitu rata-rata 2-3 detik. Dan
hasil pengujian kualitas suara didapat persen keberhasilan yaitu sebesar
81% dari 10 sampel yang diuji.