ABSTRAK
Perkembangan robot sebagai sarana hiburan telah menjadi suatu kebutuhan, terutama bagi negara-negara maju, karena robot dapat meniru tingkah laku manusia berdasarkan instruksi programernya, sehingga menjadi suatu hal yang menarik jika digunakan untuk sarana hiburan yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum sekaligus untuk memperkenalkan dunia robotik di masyarakat.
Pada proyek akhir ini akan difokuskan pada pembuatan software untuk mengontrol pergerakan robot soccer secara otomatis dalam suatu permainan sepakbola. Robot soccer akan bergerak mencari obyek yang berwarna merah yakni bola. Untuk mendeteksi obyek merah tersebut digunakan sensor kamera yakni kamera CMUcam2. setelah obyek tertangkap, data dari obyek tersebut akan dikirim kedalam mikrokontroller Atmega16 melalui komunikasi serial RS 232 yang telah terhubung dengan motor servo. Dari data yang telah diterima diharapkan robot dapat melakukan penyerang terhadap obyek berupa bola kearah gawang. Untuk mengetahui arah gawang kami gunakan sensor digital kompas untuk mengetahui dimana arah gawang tersebut. Setelah dilakukan integrasi antara hardware dan software didapatkan keakurasian 87,5% robot dapat mengarah kegawang dan 25% robot dapat memasukkan bola kedalam gawang yang dilakukan pada malam hari.

Kata kunci: Robot Soccer, CMUcam2, Digital Compass

wpChatIcon
EnglishIndonesian