EEPIS-Online (16/08), Setelah ditanda tanganinya Nota Kesepahaman dengan PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB), PENS akan membuka program pendidikan Diploma 1 (D1). Program yang diharapkan dapat dimulai pada bulan September 2012 ini, merupakan Akademi Komunitas yang terdiri dari 3 Program Studi, yaitu D1 Teknik Mesin Pembangkit dengan Program Studi D4 Sistem Pembangkitan Energi, Program Studi D1 Teknik Listrik Pembangkit dengan Program Studi D4 Sistem Pembangkitan Energi, dan Program Studi D1 Teknik Instrumentasi Pembangkit dengan Program Studi D4 Teknik Elektro Industri.

"IMG_0002a.jpg"

"MoU ini merupakan momen yang sangat penting, karena inilah kali pertama ditandatangani kerjasama pendirian Akademi Komunitas (AK) dengan perusahaan, karena biasanya AK yang telah didirikan bekerjasama dengan Pemerintah Kota atau Kabupaten ataupun dengan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)", papar Ir. Dadet Pramadihanto, MEng. PhD., Direktur PENS pasca penandatangan MoU.

Acara yang berlangsung Kamis (16/08) dan bertempat di kantor PJB ini diantaranya menyepakati adanya kerjasama pendirian dan penyelenggaraan Akademi Komunitas untuk jenjang Diploma 1 Operasi dan Pemeliharaan Pembangkit Tenaga Listrik PJB (AK-PJB). "IMG_0004a.jpg"

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Perwakilan PT. PJB Trilaksito Sunu, PJB menyetujui pelaksanaan kerjasama dalam pendidikan, tidak hanya pembukaan program ini. "Lebih dari itu kami siap melakukan kerjasama penelitian antara keduabelah pihak yang menyangkut masalah energi dan masalah-masalah lainnya yang masih di bawah ranah kami," tegas Direktur SDM dan Administrasi PT PJB.

Adapun pengelolaannya akan menggunakan program studi di luar domisili di perguruan tinggi yang ditunjuk.

"Model perkuliahan di PENS dengan menggunakan sistem Pendidikan Jarak Jauh dan dosen jaga, selain kegiatan On the Job Training di Pembangkitan Gresik dan Paiton," imbuh Dadet. (hum/sat)