EEPIS-Online, Kontes Robot Indonesia 2012 tidak akan dapat berjalan mulus tanpa ada arena pertandingan. Siapakah orang-orang di balik layar yang telah susah payah membangun arena pertandingan tersebut? Mereka adalah para ahli pembuat arena pertandingan robot dari PENS yang telah bertahun-tahun menyiapkan hal terpenting dalam pertandingan ini.

"tim_lapangan.jpg"Tim yang terdiri dari 15 orang ahli ini dikenal dengan nama Robotic Field Team (RFT). Dikepalai oleh Endro Wahjono, S.ST, MT yang merupakan salah satu dosen di PENS, RFT Team bertugas untuk mengatur persiapan dan pembuatan seluruh lapangan lomba robot, dari divisi KRI maupun KRCI.

"Tidak banyak kendala yang berarti dalam pembuatan arena robot ini. Namun kita agak kesulitan dari bahan dan persiapan non teknis lainnya. Banyak hal yang terjadi di luar estimasi kami", ujar Bapak Endro.

Ketika ditemui di Gedung Robotika ITS, RFT Team tengah memasang lapangan-lapangan yang telah jadi di aula gedung. Mereka sibuk melakukan penyempurnaan untuk arena yang terpasang.

"Kami tidak hanya menyiapkan arena untuk Regional IV saja, tetapi untuk Regional III juga kami yang membuat lapangannya", tambah Bapak Endro. Hal ini membuktikan bahwa kinerja tim ini telah dipercaya bukan hanya di satu regional saja.

Karena banyaknya pengalaman yang telah tim lalui, pembuatan lapangan robot juga tidak memakan waktu lama. Dalam waktu 3 minggu, mereka berhasil menyelesaikan pembuatan lapangan KRCI Beroda, KRCI Berkaki, KRCI Humanoid, dan KRI. Sedangkan untuk installasinya sendiri memakan waktu hanya tiga hari.(dip/ryo)

wpChatIcon
EnglishIndonesian