Surabaya, pens.ac.id – Memasuki bulan suci Ramadan, berbagai kegiatan aksi sosial lebih gencar dilakukan. Salah satunya, yakni kegiatan Sahur On The Road (SOTR) yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Industri (ELIN) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Dilaksanakan pada Jumat (25/5) dini hari, kegiatan ini membagikan 200 paket makanan sahur kepada orang-orang yang membutuhkan.

Kegiatan yang merupakan kali kedua tersebut diikuti oleh sekitar 60 mahasiswa ELIN. “Tujuan dari diadakannya SOTR ini adalah untuk menumbuhkan jiwa sosial mahasiswa ELIN dengan berbagi sahur dengan para tuna wisma, tukang becak, tukang tambal ban, tukang sapu, tukang sampah, dan sebagainya, Serta mempererat kekeluargaan sesama mahasiswa  melalui kegiatan tersebut,” tutur Dimas Kukuh selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro Industri (HIMA ELIN).

Dengan dana yang berasal dari iuran kelas hingga donasi para alumni, kegiatan sosial ini berjalan dengan lancar. Berangkat pada pukul 01.30 WIB, kegiatan mengambil rute dari Jl. Mulyosari, Jl. Kenjeran, ITC, Pasar Atom, Jl. Tumpal, dan berakhir di Taman Apsari. Usai membagikan makanan sahur, peserta menyantap makanan sahur bersama-sama di Taman Apsari dan kembali ke kampus pada pukul 03.00 WIB.

Antusiasme para mahasiswa dalam kegiatan ini, disambut baik oleh masyarakat. “Terdapat kepuasan tersendiri ketika dapat melihat senyum simpul para target operasi, meskipun hanya dengan sebungkus nasi dan air mineral.  Alhamdulillah kami masih diberi kesempatan untuk bisa berbagi kepada mereka yang mungkin berpuasa tanpa sahur dan buka,” ungkap Dimas. Kedepannya, ia berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin yang digelar tiap tahunnya serta tentunya dapat menjadi suatu kegiatan yang dapat mewadahi dan menumbuhkan jiwa sosial para mahasiswa. (res/mus)

wpChatIcon
EnglishIndonesian