Dalam era globalisasi sekarang ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah. UMKM juga sangat membantu Negara / pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. UMKM juga memiliki fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar. Namun, persaingan bisnis semakin menjadi, produk-produk impor mulai beredar, dan perlahan mulai membinasakan kejayaan produk dalam negeri. Usaha home industripun mulai banyak yang gulung tikar. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, salah satu diantaranya adalah keterbatasan media komunikasi sehingga mempersulit para pemilik usaha untuk mempromosikan produk mereka.
Proyek akhir ini mencoba membangun suatu sistem informasi, dengan menggunakan PHP dan MySQL yang diimplementasikan dalam bentuk web yang informatif disertai link dengan jejaring sosial yaitu facebook dan twitter dan mengambil sample UMKM wilayah Kabupaten Tuban dan akan dikelola langsung oleh lembaga UMKM yang ada disana. Dengan adanya tugas akhir ini diharapkan dapat membantu memberikan informasi tentang keanekaragaman produk-produk local / Kab.Tuban sesuai dengan keinginan user sekaligus untuk menciptakan sebuah Sistem Informasi yang dapat menjadi Icon Branding Kabupaten Tuban.
Kata kunci : UMKM, Web, Jejaring Sosial, PHP, MySQL