Semakin banyaknya sistem e-commerce yang bermunculan di dunia internet tidak menutup kemungkinan menjadi kesempatan terjadinya tindakan penipuan perdagangan dalam dunia internet sehingga membuat pengguna internet harus berhati – hati dalam memilih penjual yang benar – benar dapat dipercaya. Kebutuhan jejaring sosial dalam dunia perdagangan online atau e-commerce menjadi peran penting untuk menaikkan tingkat kepercayan antar pengguna sistem e-commerce karena kepercayaan menjadi penentu utama keberhasilan terjadinya transaksi jual beli antara pembeli dan penjual produk. Dengan adanya layanan jejaring sosial dalam sistem e-commerce hubungan sosial antar pembeli dengan penjual dapat terjalin dengan baik dan pemasaran produk meningkat seiring bertambahnya teman dalam jaringan sosial di dunia internet. Penelitian ini mengajukan sebuah pendekatan baru untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu merancang web jejaring sosial jual beli online diperkuat dengan fitur sistem informasi geografis menggunakan google map API. Penjual dapat dengan mudah memasarkan produknya ke dalam sistem dan calon pembeli dapat melihat informasi detail produk yang ditampilkan oleh sistem. Dengan memperkuat faktor jejaring sosial di dalam sistem maka antar pengguna dapat mengirimkan private message untuk berkomunikasi. Sistem informasi geografis dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk memetakan koordinat lokasi penjualan secara geografis sehingga calon pembeli dapat mengetahui lokasi tempat penjualan produk yang diinginkan berdasarkan lokasi calon pembeli ataupun lokasi lain yang diinginkan dengan melihat ke dalam peta lokasi penjualan.