Pendidikan pada anak adalah sesuatu hal yang sangat penting. Namun hal yang terpenting adalah metode dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran dan penanaman tentang sesuatu hal kepada anak. Pada tugas akhir ini dibuat media pembelajaran alternatif baru untuk mengenalkan dunia hewan kepada anak yang menggunakan teknologi terkini yaitu Augmented Reality (AR). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan Berbasis Mobile Augmented Reality yang disebut ARnimal ini menggabungkan buku bergambar dan virtual reality (penglihatan virtual). Marker yang terdapat pada buku bergambar akan ditangkap oleh kamera mobile device kemudian diproses dan akan tampak animasi 3D hewan pada layar secara Realtime. Dengan menggabungkan dunia nyata dan virtual, ARnimal dapat merangsang imajinasi anak sehingga anak termotivasi untuk belajar. Pembuatan animasi 3D hewan menggunakan software 3D Blender dan proses AR dibuat dengan menggunakan game engine Unity dan library Vuforia SDK. ARnimal ini telah diaplikasikan kepada beberapa anak yang didampingi oleh orang tua mereka dan telah diujikan terhadap beberapa merk dan tipe Smartphone Android.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Augmented Reality, Android, Hewan.

wpChatIcon
EnglishIndonesian