Perkembangan pariwisata dan industri di Lamongan membuat meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Lamongan. Kondisi tersebut memicu adanya persaingan di dunia bisnis khususnya rumah makan. Dalam mendirikan rumah makan kebanyakan masyarakat kurang memperhatikan faktor vital yaitu lokasi, sehingga mengakibatkan kurang optimalnya target yang diharapkan. Pada penelitian ini kami mengajukan suatu pendekatan baru dalam penentuan lokasi optimal rumah makan yaitu dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Processing (AHP) dimana metode ini dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dengan multi kriteria dan multi alternatif. Kriteria yang diambil diantaranya luas lokasi, harga lahan, jumlah fasilitas umum terdekat, jarak dengan jalan besar, jumlah kompetitor dan jumlah penduduk sekitar. Kriteria tersebut diambil dari study dan pengamatan dilapangan. Proses AHP dilakukan dengan pemberian nilai prioritas pada tiap kriteria yang melibatkan inputan dari user sehingga cara penalaran, berfikir dan logika dari hasil tidak murni dilakukan oleh sistem, namun ada faktor insting dari user yang dapat mempengaruhi hasil. Dengan melibatkan dari beberapa aspek kriteria dan pembobotan tersebut maka proses komputasi dan analisa metode tersebut akan memberikan keakuratan dan ketepatan terhadap hasilnya. Aplikasi ini didukung dengan visualisasi hasil menggunakan teknologi Google Map Api yang memudahkan user untuk mengetahui secara pasti keberadaan lokasi tersebut.

wpChatIcon
EnglishIndonesian