Belajar merupakan serangkaian proses yang dapat memberikan perubahan pada setiap orang, baik perubahan perilaku, pola pikir maupun penambahan pengetahuan. Saat ini telah banyak metode pembelajaran yang berkembang di masyarakat, namun tidak semua metode tersebut berhasil. Belajar sambil bermain merupakan salah satu metode yang dinilai cukup efektif karena mampu membuat seorang pelajar lebih termotivasi dan tidak cepat bosan. Dalam perkembangan teknologi multimedia yang pesat ini, metode tersebut banyak diterapkan pada perangkat seluler. Pada proyek akhir ini dibangun sebuah aplikasi yang mengangkat pembelajaran bahasa inggris dengan tema pembelajaran kosakata binatang yang dibangun pada perangkat seluler berbasis iOS yakni iPod touch, iPhone dan iPad. Pada pembuatan aplikasi ini digunakan bahasa pemrograman Objective-C dan library cocos2d, serta memanfaatkan fitur akselerometer. Dari hasil kuisioner terhadap aplikasi, didapatkan bahwa aplikasi ini mampu menjadi salah satu sarana pembelajaran yang menarik dan interaktif. Selain itu juga dapat membantu anak usia sekolah dasar dalam mengenal dan menguasai bahasa inggris khususnya untuk nama-nama binatang.
Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pencocokan Gambar dengan Kata Berbasis Touchscreen Menggunakan Platform iOS
by admin 2 | May 2, 2013 | Penelitian