Perkembangan Teknologi Informasi khususnya dalam Computer Vision (CV) kini sudah sampai pada bidang hiburan. CV dapat membuat komputer mendeteksi benda-benda yang ditangkap dari kamera. Teknologi tersebut diterapkan pada sebuah game dengan rule melewati sebuah labyrinth, dan pergerakan karakter dikontrol dengan mendeteksi gerak kepala player. Pada tembok labyrinth diberi gambar yang berisi cerita yang berguna sebagai petunjuk untuk dapat menyelesaikan labyrinth tersebut. Dalam game ini dideteksi posisi kepala dan dilakukan tracking dari gerakan kepala player menggunakan webcam. Metode yang digunakan untuk mendeteksi posisi kepala dan melakukan tracking gerakan kepala adalah Steady-State Genetic Algorithm (SSGA), diawali dengan melakukan perubahan warna RGB menjadi warna hitam, cokelat, dan putih untuk deteksi kulit wajah. Hasil akhir yang didapat dari penelitian ini adalah game dapat dikendalikan dengan gerakan kepala player. Kini bermain game lebih mengasyikkan dan tidak selalu menggunakan joystick.
Kata kunci : game labyrinth, tracking, steady-state genetic algorithm, rgb