Perkembangan teknologi komputer telah dinikmati oleh semua
kalangan di segala aspek kehidupan manusia. Salah satu produk yang
dihasilkan dari perkembangan tersebut adalah game yang
perkembangannya pesat yang dibuat oleh berbagai platform dengan
berbagai tujuan. Namun, tak banyak game yang dibuat dengan tujuan
edukasi terutama untuk memberikan edukasi pada anak-anak usia dini.
Menanggapi hal tersebut, maka dibuatlah proyek akhir ini.
Proyek akhir ini berupa game 2D dimana pada tampilan game yang
didisain dengan menggunakan library openGL pemain akan menebak
warna yang disajikan dalam bahasa inggris. Terdapat 8 buah push button
pada hardware dengan minimum system ATmega 16 yang terhubung
dengan kabel serial ke pc untuk memainkan game tersebut. Warna yang
ditebak oleh pemain dengan penekanan push button akan menuju ke
kotak yang telah disediakan apabila tebakan benar. Bersamaan dengan
penekanan push button akan dimainkan suara yang menyebutkan nama
warna tersebut dalam bahasa inggris yang dipanggil oleh program pada
disain game di PC. Dan untuk mengintegrasikan keseluruhan sistem
diperlukan komunikasi serial hardware to pc. Dari hasil pengujian game
ini diperoleh bahwa keakurasian respon perpindahan blok warna
terhadap penekanan push button yang sesuai adalah 100% dan
keakurasian kesalahan penekanan push button terhadap respon blok
warna tidak bergerak adalah 100%. Dan pada hasil uji coba game untuk
dimainkan oleh anak usia 3-6 tahun diperoleh rata-rata prosentase
keberhasilan secara keseluruhan sebesar 69.7% dimana parameter yang
diuji berupa kemampuan anak dalam menyebutkan warna dalam bahasa
Indonesia sebesar 83.1%, kemampuan anak menyebutkan warna dalam
bahasa inggris sebesar 52.5%, dan keberhasilan dalam penekanan push
button yang benar sebesar 55%. Sehingga disain dan informasi suara
pada game ini dapat membantu anak dalam pengenalan nama warna
dalam bahasa inggris.
Kata Kunci:
openGL, minsys ATmega 16, komunikasi serial, game 2D

wpChatIcon
EnglishIndonesian