Dunia game mengalami perkembangan sangat pesat. Kecerdasan buatan diberikan pada agen animasi dengan tujuan untuk membuat aksi dan reaksi agen dari game atau simulasi seakan-akan agen tersebut mempunyai kecerdasan dan pergerakan sealami mungkin. Pada penelitian ini dibuat sebuah animasi perilaku ikan sederhana berbasis visual basic, dengan mengimplementasikan metode fuzzy logic dalam mengontrol gerak dari animasi tersebut.
Parameter untuk gerak dari animasi adalah tingkat kelaparan, libido dan ketakutan. Setelah proses fuzzifikasi dari setiap parameter didapat maka proses selanjutnya adalah proses defuzzifikasi untuk menentukan output gerak animasi. Bila output1 lebih dari sama dengan 10 dan kurang dari sama dengan 65 maka kondisi individu sedang libido. Bila output1 lebih dari sama dengan 65 dan kurang dari sama dengan 85 maka kondisi individu adalah sedang lapar. Bila nilai output1 lebih dari sama dengan 85 dan kurang dari sama dengan 100, maka kondisi ikan adalah sedang takut. Salah satu dari animasi yaitu predator dikontrol secara wireless menggunakan rangkaian TLP RLP 434 MHz. Hasil dari penelitian ini adalah dapat mengimplementasikan metode fuzzy logic untuk mengontrol gerak dari agen animasi dan dapat mengontrol gerak salah satu animasi yaitu predator secara wireless.