Dunia game pada masa sekarang telah mengalami perkembangan yang pesat. Pengembangan sebuah game, tidak terlepas dari algoritma dan rule yang digunakan di dalam program untuk membentuk sebuah karakter.Kecerdasan buatan diberikan kepada karakter, agar karakter di dalam game dapat bertingkah menyerupai perilaku pada karakter nyata.
Pada tugas akhir ini dibuat sebuah animasi perilaku ikan sederhana berbasis Visual Basic. Animasi tersebut dapat dikontrol melalui joystick ke monitor secara nirkabel. Rancangan sistem meliputi proses pembuatan karakter animasi menggunakan Visual Basic, pembuatan program gerak masing masing animasi menggunakan metode Evolution Fuzzy Cognitive Map (EFCM) dan pembuatan hardware serta sistem komunikasi nirkabel untuk mengontrol animasi. Pada animasi ini ditunjukkan bagaimana sebuah karakter dapat diperbaharui dengan menggunakan update waktu dan perilaku karakter akan mempengaruhi keadaan lingkungan sekitarnya. Hasil yang diperoleh dari tugas akhir ini adalah update waktu pada individu saat libido yang menghasilkan inidividu kecil 1dan individu kecil 2menggunakan metode Evolution Fuzzy Cognitive Map dan kemampuan untuk mengontrol predator melalui frekuensi radio (RF) sebagai pengganti keyboard.

Kata kunci : kontrol animasi, Evolution Fuzzy Cognitive Map, visual basic, komunikasi nirkabel

wpChatIcon
EnglishIndonesian