Seiring dengan tingkat perubahan perilaku masyarakat yang sangat
cepat, frekuensi aktivitas manusia pun bertambah secara signifikan,
sehingga pemenuhan kebutuhan pun meluas. Pelaku usaha retail
sangat memperhatikan dua faktor penting yang mempengaruhi bisnis
mereka yaitu bagaimana cara menarik konsumen dan bagaimana
mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan usaha.
Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa kesempatan untuk
mendapatkan profit sebesar-besarnya ditentukan oleh pemilihan
lokasi. Masalah pemilihan lokasi merupakan aspek penting yang harus
dipertimbangkan dengan matang dalam mendirikan mini market.
Sedangkan pengambilan keputusan selalu dihadapkan dengan
lingkungan yang penuh ketidakpastian, kompleks dan dinamis.
Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu model
pendekatan yang memberikan kesempatan bagi setiap individu atau
kelompok untuk membangun gagasan-gagasan atau ide-ide dan
mendefinisikan persoalan-persoalan yang ada dengan cara membuat
asumsi-asumsi dan selanjutnya mendapatkan pemecahan yang
diinginkan. Mengaplikasikan SIG dalam sebuah kegiatan bisnis
dapat memberikan keuntungan lebih daripada menggunakan
aplikasi pendukung keputusan bisnis yang hanya mampu
memberikan dukungan berupa angka ataupun teks saja. Aplikasi ini
dapat memberikan keluaran berupa visualisasi SIG dan ranking
lokasi alternatif pembangunan waralaba baru yang diproyeksikan
dengan beberapa syarat ekonomis pendukung bisnis menggunakan
metode AHP.
Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis, Analytical
Hierarchy Process, lokasi alternatif.

wpChatIcon
EnglishIndonesian