Pada permainan bridge dapat di mainkan dengan banyak orang. Tiap kelompok pemain duduk dalam sebuah meja. Tersebar banyak meja dalam permainan bridge. Di butuhkan komunikasi wireless dalam pegiriman data berupa nilai bridge pada permainan tersebut. Penenempatan meja tersebar secara acak. Suatu meja dapat di ilustrasikan sebagai suatu node yang dapat membentuk suatu
jaringan. Dimana data node tersebut akan mengirimkan data pada server. Pada masing-msing node tersebut memiliki fungsi sebagai host dan juga berfungsi sebagai router yang dapat penerima dan meneruskan paket ke node berikutnya.server akan menerima seluruh data yang dikirim oleh server. Namun adakalanya terdapat kesalahan pengiriman dalam proses pengiriman data. Perlu adanya suatu sistem Failure Detection pada proses pengiriman data.
Dengan banyaknya node atau multihop pengiriman data dari node perlu suatu protocol routing sebagai aturan untuk menentukan jalur pengiriman data antar node dan juga sebagai tindakan jika terdeteksi kesalahan pada pengiriman. Tiap node akan mengirimkan data berupa id pemain, nilai bridge, dan nomor meja pemain. Hasil akhir
yang didapatkan pada pengiriman data pada node dengan keberhasilan sebesar untuk 3 hop 95%.
Kata kunci : failure detection information, protocol routing, multihop