Robot pemain sepak bola ( soccer robot ) merupakan sebuah entertainment robot yang dirancang untuk mampu bermain layaknya permainan sepak bola sehingga robot ini diharuskan mampu melakukan penjejakan ( tracking ) terhadap sebuah target yaitu bola serta mampu melakukan penghindaran terhadap halangan ( obstacle ) yang ada di sekitarnya, baik itu dinding maupun robot musuh. Untuk mengetahui target dan objek lain yang ada di sekitarnya , robot harus mempunyai sistem navigasi di mana dalam proyek akhir ini digunakan sistem navigasi global menggunakan kamera terpusat yang dipasang diatas lapangan permainan yang selanjutnya mampu memberikan data posisi masing-masing robot yang akan digerakkan, bola sebagai target, dan gawang sebagai tujuan akhir. Pada proyek akhir ini menyajikan system global untuk pemetaan dan pelacakan dari pergerakan beberapa soccer robot.Menggunakan image processing untuk filter warna dari marker robot dan labeling untuk pemetaan posisi dari masing – masing robot. Marker robot terdiri dari kombinasi 2 warna sebagai identitas robot dan tim. Untuk menghasilkan informasi global, Kamera diletakkan di atas lapangan soccer robot. Sehingga menghasilkan feedback informasi koordinatdari soccer robot dan fiture – fiturenya pada permainan soccer robot secara real time. Output data berupa koordinat posisi bola, robot, dan heading. Data akan diproses dan dikirim ke robot untuk mengontrol pergerakan dan strategi pada soccer robot.
Kata kunci : soccer robot, image processing, global vision.