Robot soccer merupakan aplikasi robotika di bidang entertainment dan edukasi. Penerapan kecerdasan buatan (artificial intelligent) sangat membantu untuk menjadikan robot lebih hidup. Obyek dari Proyek Akhir ini adalah sebuah Autonomous Mobile Robot dengan kemampuan untuk mengejar target berupa sebuah bola dengan warna tertentu (bola tenis meja warna oranye) dan kemampuan untuk menghindari halangan dengan sensor pendeteksi berupa ultrasonik. Untuk melakukan gerakan atau manuver, robot menggabungkan kedua kemampuan tersebut dengan teknik pengambilan keputusan memanfaatkan algoritma logika fuzzy pembuat keputusan (fuzzy logic decision maker). Dipilihnya logika fuzzy pada proyek akhir ini, karena logika fuzzy merupakan kontrol yang mengandalkan intuisi dari pembuat sistem, sehingga pengalaman pembuat sistem sangat berpengaruh dengan hasil perancangan aturan logika fuzzy. Dari hasil pengujian, diketahui bahwa keberhasilan sistem dapat mencapai 100% jika lapangan uji warnanya kontras dengan warna targetnya, pencahayaan konstan dan pandangan robot tidak tertutup oleh halangan.
Berita Terbaru

Melalui Sinergi Bersama Fujifilm, PENS Perkuat Kemampuan Fotografi Mahasiswa Program Studi Teknologi Multimedia Broadcasting

Tampilkan Inovasi Portal Game Gratis, Tim HAGE PENS Sukses Raih Juara Harapan 1 KMI Expo 2025

Tiga Tim P2MW PENS Tuntaskan Penampilan Gemilang di Ajang Kewirausahaan Nasional, KMI Expo XVI 2025

Kemdiktisaintek bersama PENS dan KADIN Jawa Timur Dorong Akselerasi Hilirisasi Riset lewat Sosialisasi Ajakan Industri 2026

Kuatkan Peran PENS sebagai Kampus Inovasi, PENSASI Berdampak 2025 Sukses Dihadiri Pihak Industri dan Siswa SMA/SMK Seluruh Jawa Timur