Sistem informasi layanan jasa merupakan sistem informasi berbasis web yang terbungkus di dalam website Unit Layanan Pengujian (ULP) Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. Sistem ini dibuat untuk menunjang proses pemasaran, penjualan, dan pemberian layanan kepada pelanggan. Fokus dari proyek akhir ini adalah merepresentasikan alur proses permintaan pengujian yang selama ini dilakukan secara manual ke dalam sistem online. Fungsionalitas pengajuan permintaan pengujian secara online ini merupakan suatu hal yang baru dan belum pernah dibuat sebelumnya, baik oleh pihak Unit Layanan Pengujian Fakultas Farmasi Airlangga ataupun para pesaingnya. Proses permintaan pengujian dimulai dari pengisian form permintaan pengujian yang dilakukan oleh pelanggan. Sistem akan memberikan pilihan parameter dan metode analisis pengujian. Metode analisis pengujian ditampilkan secara terurut berdasarakan bobot preferensi yang didapat dari perhitungan algoritma TOPSIS. Hasil perhitungan TOPSIS dengan bobot preferensi terbesar menjadi metode analisis pengujian yang disarankan oleh sistem untuk dipilih. Permintaan pengujian diantrikan ke dalam antrian pengujian dengan diberikan status pada tiap permintaan pengujian. Apabila permintaan pengujian telah diterima dan berada dalam antrian ‘dalam proses’, pelanggan dapat melihat sampai tahapan mana pengujian sekarang yang merupakan hasil pelacakan yang dilakukan oleh sistem berdasarakan estimasi waktu yang telah terdefinisi.Data pengujian yang di dapat dibuat laporannya untuk mengetahui performa dan kualitas kinerja karyawan secara perorangan maupun kelompok.
Kata kunci : Sistem informasi layanan jasa, permintaan pengujian online, metode analisis pengujian