Internet merupakan jaringan global yang banyak digunakan oleh masyarakat pada saat ini. Penggunaan jaringan global ini telah digunakan masyarakat luas untuk beberapa macam kebutuhan contohnya e-learning, e-commerce, e-business dan lain-lain. Di dalam internet terdapat situs web yang dirancang dan dibangun oleh web programmer dan diakses user untuk berbagai kebutuhan.
E-Commerce atau Internet Perdagangan telah menjadi media yang digunakan sebagai aktivitas harian yang memberikan kemudahan dan ketersediaan. Bagaimanapun proses e-commerce melayani dengan lebih kompleks. Oleh Karena itu untuk situs web yang berbasiskan e-commerce pada khususnya haruslah mempunyai kelebihan agar dapat menarik minat dari user yang juga bertindak sebagai konsumen untuk bisa mempergunakan dan mengakses situs tersebut. Karena di dalam suatu situs tersebut haruslah dapat memberikan segala informasi terbaru, produk terlaris atau juga menampilkan halaman situs yang paling sering diakses dan yang paling utama atau yang terpenting haruslah interaktif.
Untuk itu suatu situs haruslah mempunyai system personalisasi. Sistem personalisasi merupakan salah satu solusi yang digunakan pada banyak situs web e-commerce dalam usaha untuk meningkatkan penjualan. Layanan personalisasi akan memberikan bantuan yang spesifik untuk pemakai tertentu sehingga situs web tersebut seolah-olah mengenal pelanggannya dengan baik.