Pada proyek akhir ini, dengan penerapan desain komputer game dirasa mampu memberikan hasil penciptaan sebuah aplikasi media pembelajaran jenis game learning sebagai alternatif lain pengganti e-book bagi dunia pendidikan. Kita akan membangun desain game dengan kompleksitas yang tinggi untuk dapat mengadopsikan elemen-elemen pedagogic kedalam komputer game.
Metode yang diimplementasikan pada proyek akhir ini, yaitu pembuatan game pendidikan dengan tema pengenalan teknologi informasi dan komunikasi berbasis game petualangan menggunakan tools RPG maker. Perkembangan tema komputer game yang ada saat ini sangat bervariasi, untuk game yang bertemakan pertarungan, peperangan, dan petualangan masih tinggi peminatnya. Oleh karena itu game dengan tema-tema tersebut selalu dikembangkan. Dari setiap game dengan jenis tema apapun akan muncul unsur pendidikan di dalamnya, namun unsur pendidikan yang muncul hanyalah merupakan efek samping dari proses permainan game tersebut.
Hal ini sangat berbeda dengan konsep game pendidikan yang penulis buat, karena game ini dirancang khusus dengan tujuan utama penyampaikan materi pelajaran kepada pemain yang disajikan dalam bentuk skenario game petualangan.