ABSTRAK
Dewasa ini teknologi handphone tampaknya semakin berkembang dengan pesat. Rasanya setiap detik, teknologi ini melesat ke sebuah fungsi next generation yang sebelumnya hanyalah merupakan suatu angan-angan futuristic. Dengan semakin berkembangnya teknologi ini, maka diperlukan suatu layanan after sales berupa layanan care center untuk memberikan suatu layanan bagi seorang pelanggan yang handphonenya mengalami masalah.
Pada tugas akhir ini dibuat suatu sistem layanan menggunakan Interactive Voice Response (IVR) dengan media suara & DTMF untuk pembawa informasinya. Sistem IVR didukung oleh sistem komputerisasi yang dapat beroperasi 24 jam sehari, sehingga kapan pun pelanggan dapat dilayani dengan sebaik-baiknya. PC server yang diakses oleh pelanggan menggunakan jaringan telepon melalui sebuah interface CTI (Computer Telephony Integration). Interface CTI yang digunakan di sini adalah Dialogic Card D/4PCIU. Dengan menggunakan teknologi CTI ini, dibuatlah sebuah sistem layanan informasi care center serta layanan reminder yang memberikan kemudahan pada masyarakat untuk memperoleh informasi care center untuk pelanggan. Informasi yang akan diberikan berupa jenis handphone, status handphone, biaya servis, pelayanan care center, serta peduli service center.
Hasil dari proyek akhir ini adalah sebuah sistem layanan informasi dengan menggunakan dialogic card yang diaplikasikan pada sebuah care center yang dapat diakses maksimal oleh 4 pelanggan secara bersamaan. Serta sistem layanan reminder yang dapat menghubungi maksimal 4 pelanggan secara bersamaan.
Kata kunci : CTI, reminder, IVR, Dialogic Card D/4 PCI-U