ABSTRAK
Dalam olah raga tinju, kekuatan dan kecepatan pukulan memegang peran yang penting. Kekuatan pukulan yang besar dengan kecepatan pukulan yang cepat dapat diperoleh dari bermacam-macam teknik serta latihan-latihan yang dilakukan secara rutin. Pada tugas akhir ini akan dirancang suatu software untuk mengevaluasi latihan kekuatan pukulan dalam olah raga tinju dengan metode Fuzzy Logic. Data yang digunakan untuk menganalisa kekuatan pukulan diperoleh dari denyut nadi, berat badan, kekuatan pukulan, kecepatan pukulan, jangkauan pukulan, dan teknik memukul ( straight, houk, dan jab ). Dari data variabel kekuatan pukulan, kecepatan pukulan, dan jangkauan pukulan, maka akan dibuat derajat keanggotaan, serta aturan-aturan dengan metode fuzzy logic untuk mengevaluasi pukulan. Output dari software ini adalah informasi kekuatan dan kecepatan pukulan selama satu minggu latihan untuk mendapatkan kekuatan pukulannya termasuk kategori kuat antara range 751 s/d 1000 Newton, agak kuat antara range 251 s/d 750 Newton, atau lemah antara range 0 s/d 250 Newton. Juga akan dibuat data base untuk membandingkan hasil latihan dari hari pertama sampai hari ketujuh. Hasil yang diperoleh pada proyek akhir ini adalah program simulasi evaluasi latihan kekuatan pukulan dan kecepatan pukulan dalam olah raga tinju, dengan perolehan termasuk kategori menigkat, tetap, atau kurang. Selain itu evaluasi tentang berat badan, harus dinaikkan atau diturunkan agar dicapai berat ideal sesuai dengan kelas petinju, dan juga evaluasi hasil teknik pukulan yang optimal dengan dibuat grafik evaluasi.
Kata kunci: olah raga tinju, fuzzy logic, kekuatan dan kecepatan pukulan.