Dewasa ini suatu aplikasi pembelajaran angka terhadap anakanak
masih bersifat manual, dimana pengenalan suatu angka masih
tertera pada modul-modul pembelajaran yang seringkali membuat anakanak
bosan. Selain itu modul-modul tersebut juga rawan hilang karena
kelalaian pihak yang bersangkutan. Oleh karena itu, pada sesi ini penulis
akan membuat aplikasi pembelajaran menulis secara komputerisasi.
Aplikasi ini berawal dari sebuah software pada komputer yang akan
memberi tahu bagaimana cara untuk membuat angka yang benar, setelah
selesai maka user dapat melakukan penulisan apakah user dapat
melakukan dengan benar atau tidak melalui camera.
Untuk pembuatan aplikasi tersebut dibutuhkan tahap
pengolahan citra. Hal utama yang dilakukan adalah membuat data
trainning yang akan digunakan sebagai acuan untuk data dengan
kualitas terbaik. Setelah itu gambar diproses menggunakan software
Visual C++ untuk mendapatkan fitur dari gambar. Kemudian kamera
mengambil gambar angka dari user yang dideteksi secara real time dan
langsung diproses untuk didapatkan fitur warnanya. Fitur-fitur yang
dihasilkan itulah yang nantinya digunakan untuk mencocokkan hasil
antara data training dengan hasil capture yang dilakukan oleh user.
Untuk melakukan penulisan angka dengan tingkat keberhasilan
90% dan %rata-rata error kecil terjadi karena pengaruh dari intensitas
cahaya.
Kata kunci : Pengolahan Citra, Integral Proyeksi, Tracking, Ekstraksi
Fitur, Cropping
iii