Game virtual menjadi sangat populer saat ini, dikarenakan adanya kemudahan dalam memainkannya. Pemain tidak perlu lagi menggunakan joystick sebagai alat pengendali karena telah ditemukan suatu teknologi yang memungkinkan pemain untuk dapat bermain game tanpa harus menggunakan joystick. Proyek akhir ini pada dasarnya merupakan sintesis dari penelitian-penelitian terdahulu, khususnya dalam lingkup image processing dan computer vision. Tujuan dari proyek akhir ini adalah membuat suatu aplikasi yang memudahkan para gamers untuk mengendalikan karakter yang mereka mainkan tanpa bantuan joystick, tetapi mengggunakan deteksi gerakan dari pemain itu sendiri. Untuk menyelesaikan proyek akhir ini, kami menggunakan kamera sebagai alat bantu untuk menangkap gambar dari pemain. Selanjutnya gambar tersebut akan diproses dengan cara mendeteksi adanya suatu gerakan (motion detection) dan kemudian dilakukan proses tracking untuk mendapatkan nilai dari hasil pengurangan antar frame sebagai acuan suatu gerakan dan dianalisa (motion analysis) untuk menentukan gerakan yang digunakan untuk mengendalikan karakter dalam game. Metode yang digunakan ini dirasa cukup efektif untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dibandingkan dengan metode-metode yang lain seperti skin detection.

wpChatIcon
EnglishIndonesian