Sebagian besar game dikendalikan oleh alat mekanik. Misalnya game dance yang dikendalikan oleh swicth, Game Shooter yang di kendalikan senjata infra merah dan masih banyak lagi. Namun pada Proyek Akhir ini penulis menawarkan metode baru yaitu dengan sensor gerakan mata. Metode ini akan penulis gunakan kusus untuk Permainan Shooter. Sehingga user tidak lagi menggunakan alat mekanik lagi. Dan yang menarik yaitu user seakan akan terlibat secara nyata.
Teknik yang dipakai pada metode ini adalah dengan mengambil posisi bola mata hitam dan menggerakkan arah senjata sesuai denagan gerakan bola mata hitam. Posisi bola mata hitam yang diambil adalah titik tengahnya. Agar setiap perubahan posisi bola mata hitam terdeteksi, user harus mengenakan helem yang sudah dipasang kamera. Posisi kamera tepat didepan salah satu mata, baik pada mata kiri atau kanan. Sehingga Hasil akhir yang diharapkan dari Proyek Akhir ini, user hanya melihat posisi target atau musuh untuk menggerakkan posisi senjata. Jika posisi senjata atau pointer tepat diatas target, secara otomatis target akan hancur.
Kata Kunci : Deteksi Bola Mata Hitam, Metode Pergerakan Senjata.