ABSTRAK
Perkembangan dunia seni modern saat ini, dapat dikatakan tidak dapat terlepas dari perkembangan dunia teknologi yang juga semakin berkembang dengan pesat. Permainan game yang berkembang saat ini adalah bermain dengan menggunakan controller berupa joystick, yang dirasakan kurang menarik. Oleh karena itu, untuk memperoleh kepuasan yang lebih, saat ini mulai dikembangkan suatu metode baru, yakni mengganti piranti input (joystick atau keyboard) dari sebuah game dengan menggunakan media yang bisa melibatkan gerakan pengguna sebagai kontrol dari karakter suatu game yakni web camera.
Dalam proyek akhir ini akan dibuat suatu aplikasi permainan dimana gerakan dari karakter game tidak lagi digerakkan dengan menggunakan joystick atau keyboard akan tetapi digerakan oleh gerakan pemain game itu sendiri. Aplikasi ini berawal dari sebuah kamera yang menangkap objek manusia, kemudian dilakukan segmentasi kulit untuk membedakan objek dengan background. Setelah objek terdeteksi kemudian akan dilakukan body detection untuk mencari letak bagian – bagian tubuh yang meliputi kepala dan tangan. Pendeteksian bagian tubuh ini diikuti pula dengan feature extraction yaitu untuk mendapatkan titik-titik fitur dan dari titik-titik fitur dilakukan tracking yaitu pendeteksian gerakan yang dilakukan oleh bagian tubuh tersebut. Gerakan hasil tracking akan menjadi masukan untuk menjalankan game. Sedangkan game yang dibuat menggunakan teknik-teknik komputer grafik sederhana untuk game 2D yang meliputi proyeksi obyek, texturing, masking, blending, transformasi dan efek pengkabutan (fog effect).
Kata kunci : Model Based, Tracking, Matching Model