Sistem telemarketing yang dipakai saat ini sudah cukup berkembang, dimana telemarketing merupakan suatu layanan penjualan barang atau jasa melalui jarak jauh. Sebagian besar perusahaan yang bergerak dibidang penjualan ataupun layanan jasa menggunakan sistem ini, salah satu pengembangan dari sistem telemarketing saat ini adalah layanan informasi menggunakan sistem IVR dan Predictive Dialer.
Pada proyek akhir ini dilakukan Analisa Sinyal Suara pada Layanan IVR dan Predictive Dialer Berbasis CTI. Analisa ini dilakukan untuk mengetahui software dan format rekaman yang terbaik, untuk selanjutnya diimplementasikan pada sistem IVR dan Predictive Dialer. Pada sistem IVR menggunakan software terbaik dan pada Predictive Dialer menggunakan format rekaman terbaik. Proses analisa dilakukan secara subyektif dengan Mean Opinion Score (MOS) dan secara obyektif dengan Signal Noise to Ratio (SNR) dan Power Spectral dencity (PSD).
Hasil yang diperoleh dari proyek akhir ini adalah jenis software terbaik yang diimplementasikan pada sistem IVR yaitu menggunakan Wavesurfer dengan hasil survey sebesar 3,61 dan format rekaman terbaik menggunakan ADPCM 8KHz yang diimplementasikan pada sistem Predictive Dialer dengan hasil survey sebesar 3,55 dan SNR sebesar 1,5780 dB.
Kata kunci : Analisa Subyektif dan Obyektif, Sistem IVR, Predictive Dialer

wpChatIcon
EnglishIndonesian