Sistem Smart Agent yang merupakan sebuah sistem yang sangat diperlukan pada tiap perusahaan dalam memajukkan produktifitasnya. Dengan didukung sistem tersebut maka seorang pegawai dapat mengatur dan meningkatkan kinerja mereka. Saat ini kemajuan pesat dalam bidang ekonomi yang dipengaruhi oleh berkembangnya bidang teknologi berdampak munculnya banyak toko online, yang melakukan penjualan aneka ragam barang di internet. Kebanyakan toko online yang ada saat ini merupakan sebuah perusahaan kelas SOHO (small office Home office) dimana dengan memanfaatkan rumahnya sebagai hunian serta tempat bekerja. Dan pada implementasinya perusahaan tersebut mempunyai sedikit karyawan dengan beberapa bagian namun mempunyai sistem penjualan yang sama dengan perusahaan skala besar.
Pada tugas akhir ini mengimplementasikan sebuah sistem smart agent dengan memanfaatkan IP PBX berbasis Asterisk pada perusahaan kelas SOHO. IP PBX yang di maksud merupakan sebuah PC yang berfungsi sebagai server mini atau PBX berbasis IP. Sedangkan Asterisk adalah salah satu software server VoIP (Voice over Internet Protocol) yang dapat digunakan membangun suatu IP PBX. Pada proyek akhir ini memanfaatkan fitur – fitur dari asterisk seperti call forward, call pickup, conference call, call parked, mailbox, followme, blacklist, call transfer, musiconhold, time base context dan dial plan security..
Hasil yang didapatkan pada proyek akhir ini sebuah sistem smart agent IP PBX berbasis asterisk pada perusahaan kelas SOHO yang dilengkapi fitur-fitur yang menunjang komunikasi agent. Pada pengujian sistem ini didapatkan nilai MOS sebesar 4,68 untuk file *.wav yang merupakan file default asterisk 16bit PCM dengan frekuensi sampling sebesar 8KHz. Dan didapatkan hasil pengujian kualitatif meliputi opini kelengkapan fitur IP PBX sebanyak 97%, opini perlu penambahan fitur sebanyak 3% dan opini fitur yang paling bermanfaat sebanyak 100% untuk fitur IVR(Interactive Voice Response) dari responden yang merupakan pelaku SOHO dan pengguna SOHO.
Kata kunci : SOHO, Smart Agent, Fitur-fitur, MOS (Mean Opinion Score), Pengujian Kualitatif.