Dewasa ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pemesanan buku semakin pesat. Salah satunya terlihat bahwa semakin banyaknya proses jual-beli juga pemesanan buku secara online yang melalui website maupun via telepon. Akan tetapi saat ini, pemesanan via telepon pada beberapa toko buku hanya cenderung dilayani oleh operator. Baik dalam hal pemesanan buku ataupun informasi tentang buku yang tersedia pada database. Sehingga kemungkinan besar, konsumen tidak dapat terlayani dengan baik ketika operator sedang sibuk ataupun adanya kendala yang lain.
Pada proyek akhir ini, dibuat sebuah sistem untuk memudahkan konsumen dalam pemesanan buku melalui web maupun IVR. Semua data-data buku yang dapat dipesan, tersimpan pada database management system. Pemesanan buku dilakukan melalui web, yang prosesnya terhubung pada web server. Sedangkan IVR, memberikan fitur reminder kepada para member dalam 3 kondisi, yaitu reminder pada saat buku yang dipesan oleh member tersedia kembali pada database server, reminder yang mengingatkan pada member untuk melakukan pembayaran atas pemesanan buku atau booking buku 7 hari sebelumnya dan reminder buku baru.
Dari hasil pengujian, diperoleh data nomor telepon yang di dial oleh IVR server adalah nomor telepon yang sesuai database. Kemudian dilakukan reminder dengan pengujian rata-rata delay antara channel satu dengan channel lainnya sebesar 4,3 second. Sedangkan untuk pengujian pada website, diperoleh data bahwa pada proses registrasi, data yang dimasukkan harus valid. Dan ketika proses login, menggunakan data username dan password yang sesuai ketika proses registrasi. Untuk proses validasi kartu kredit, menggunakan algoritma luhn membutuhkan waktu rata-rata sebesar 0,0063838 second untuk nomor yang valid dan waktu rata-rata sebesar 0,0001291 second untuk nomor yang tidak valid.

Kata kunci : IVR, Reminder, Server, Database.

wpChatIcon
EnglishIndonesian