MMORPG (Massive Multiplayer Online Role Playing Game) adalah salah satu dari genre yang paling sukses dan populer. Masalah yang sering dihadapi oleh sebuah MMORPG adalah konsumsi bandwidth. Dengan banyak sekali pemain yang online dalam satu waktu, server diwajibkan untuk dapat melayani semua permintaan dari client, yang berakibat pada konsumsi bandwidth yang sangat besar. Cara mengatasinya adalah dengan optimalisasi. Optimalisasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalisasi paket-paket dengan mengubah tipe paket menjadi binary yang memiliki besar data yang kecil. Pada proyek akhir ini, penyusun akan membangun sebuah MMORPG berbasis client server yang memiliki keunggulan dalam optimalisasi paket. Sehingga penggunaan jaringan dan bandwidth dapat lebih optimal dan semua request dari client dapat terpenuhi Kata Kunci : MMORPG, Optimalisasi, Paket, Client, Server
RANCANG BANGUN APLIKASI MASSIVE MULTIPLAYER ONLINE ROLE PLAYING GAME BERBASIS CLIENT-SERVER DENGAN OPTIMALISASI PAKET
by admin 2 | May 2, 2013 | Penelitian