EEPIS Online â€“Tak hanya berkecimpung dalam bidang teknologi, mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) juga terus mengembangkan kreatifitas, minat dan bakatnya dibidang lain. Salah satunya dibidang seni yang dibuktikan melalui pameran desain grafis bertajuk “Desgrafia” yang telah digelar perdana selama dua hari sejak Selasa (13-14/3) lalu. Kegiatan yang berlangsung di Hall Gedung D4 PENS ini diselenggarakan oleh Komunitas Desain Grafis yang dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa Multimedia Broadcasting (HIMA MMB) PENS. Pameran ini bertujuan untuk mengenalkan karya desain baik digital maupun manual.

Mengusung slogan “Awas Terciduk Mantra Kami”, pameran yang berkonsepkan dunia magic ini menampilkan kurang lebih 100 karya hasil buah tangan anggota komunitas. Konsep tersebut diusung karena keelokan karya yang dihasilkan dapat membuat takjub para pengunjung pameran. Sempat mengalami kendala dalam perizinan dan sumber daya manusia, pameran yang telah dipersiapkan selama satu bulan ini beranggotakan 45 mahasiswa yang berasal dari jurusan Multimedia Broadcasting (MMB) dan Teknologi Game.

Selain pameran karya, pada momen kali ini Desgrafia juga menggelar Workshop Lettering yang dipandu oleh Yuvita Agustiar Ningsih dan Pingky Titus Awaliyah sebagai pengisi materi Urban Sketching. Materi pada workshop tersebut diambil karena dianggap menyenangkan meskipun proses pengerjaanya tanpa menggunakan media digital. “Karena mahasiswa PENS sendiri sering berinteraksi dengan laptop, jadi akan lebih menarik workshop yang kami ambil yakni teknik menggambar secara manual. Selain itu, pengemasan keduanya juga terbilang mudah,” ungkap Pingky selaku Ketua Pelaksana. Tidak hanya diikuti oleh mahasiswa PENS, workshop ini juga diikuti oleh mahasiswa non PENS.

Adanya workshop tersebut tentunya juga menarik minat mahasiswa yang memiliki kegemaran di bidang desain. Salah satunya Hussein Mushoddiqy Firdaus, mahasiswa PENS kelas 2 D3 Kerjasama Perusahaan Listrik Negara (PLN) B, ia mengakui kegiatan ini sangat bermanfaat karena didalamnya tidak hanya menerima materi tapi juga menerapkan materi tersebut secara langsung. “Saya harap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan kedepannya Komunitas Desain Grafis ini tidak hanya untuk mahasiswa dari Departemen Teknologi Multimedia Kreatif saja, tapi juga untuk jurusan lain di PENS,” harap Hussein selaku peserta. (dya/ani)

wpChatIcon
EnglishIndonesian