Buat Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan, EATCARUS dan CE CREW’S Raih Juara diAjang Blue Techno Festival


Diterbitkan 1 minggu 2 hari yang lalu


Buat Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan, EATCARUS dan CE CREW’S Raih Juara diAjang Blue Techno Festival
Photo By : Dokumentasi Peserta

EEPIS Online – Memasuki masa liburan, tak membuat padam semangat mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)  untuk terus berprestasi. Sabtu (10/2), dua tim asal Program Studi Teknik Komputer, yakni EATCARUS dan CE CREW’S, berhasil bawa pulang Juara 1 dan Juara 2 di ajang tahunan Blue Techno Festival. Kompetisi yang digelar oleh Telkom University ini merupakan kompetisi tingkat nasional yang memperlombakan karya-karya inovatif dalam bidang teknologi.

Keempat kalinya digelar, Blue Techno Festival tahun ini mengusung tema "Protect the Earth, Protect Our Future". Kedua tim dari PENS, yang berkompetisi dalam kategori inovasi, membuat karya teknologi ramah lingkungan yang mampu diimplementasikan di lingkungan masyarakat. Tim EATCARUS membuat alat bernama ELTERNATOR (Electric Leafhoppers Exterminator) yang merupakan alat pembasmi hama elektrik yang memanfaatkan tenaga surya. Tim yang dianggotai Fiannurdin, Kisron, dan Aditya Krisnadi ini berhasil membawa pulang Juara 1. “Kami melakukan banyak persiapan, mulai dari ide, desain hardware, bikin program, sampai tes di medannya. Senang sekali bisa menang,” tutur Aditya.

Tim CE CREW’S dianggotai orang tiga orang mahasiswa semester dua Teknik Komputer, yakni Ikmalil Birri, Rizky Zull Fahmy, serta Khoirul Anwar. Membuat FloTraSys (Flowing Trash Detection System), yakni alat untuk memonitoring ketinggian sampah yang menumpuk pada palang pintu sungai, tim ini mengaku terdapat beberapa kendala saat pengerjaan alat. Namun dengan tekad dan semangat, CE CREW’S sukses bawa pulang Juara 2 pada ajang ini.

Prestasi yang diraih ini tentu saja semakin mengharumkan nama PENS di kancah nasional. Diharapkan, mahasiswa PENS dapat termotivasi untuk terus berinovasi di berbagai bidang yang ditekuni. “Harapan saya semoga mahasiswa PENS bisa lebih kreatif dalam menemukan solusi atas permasalahan yang ada di lingkungan sekitar dengan memanfaatkan pengembangan teknologi informasi,” ungkap ketua Tim CE CREW’S, Ikmalil. (res/ani)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    6 + 5 =