Mahasiswa D4 PENS Serentak Laksanakan Kerja Praktik Selama Tiga Bulan


Diterbitkan 2 minggu 1 hari yang lalu


Mahasiswa D4 PENS Serentak Laksanakan Kerja Praktik Selama Tiga Bulan
Photo By : Dokumentasi Peserta

EEPIS Online ­– Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) resmi memberlakukan kegiatan kerja praktik selama tiga bulan. Mulai diberlakukan pada akhir bulan Januari, program ini dikhususkan bagi mahasiswa Diploma 4 (D4) PENS yang tengah duduk disemester enam. Sebelumnya, hanya terdapat satu program studi yaitu Sistem Pembangkit Energi (SPE) yang menjalani kerja praktik selama tiga bulan. Perubahan ini bertujuan agar para mahasiswa dapat memanfaatkan dan menggali pengalaman kerja secara maksimal saat menjalani kerja praktik.

Mahasiswa PENS menyambut baik agenda wajib ini. Tujuan kerja praktik pun tentunya juga dipertimbangkan dengan matang. Cahyo Sugianto, salah seorang mahasiswa yang tengah menjalani kerja praktik di PT. Siemens Indonesia, mengaku bahwa untuk mendapat tempat kerja praktik yang berkualitas tidaklah mudah, terlebih jika sebelumnya tidak memiliki Memorandum of understanding (MoU) dengan PENS. “Sempat ditolak oleh satu perusahaan karena perusahaannya membutuhkan mahasiswa dengan disiplin ilmu yang lain,” tukas mahasiswa Teknik Mekatronika ini.

Perpanjangan masa kerja praktik dari satu bulan menjadi tiga bulan tentunya bukan tanpa alasan. Satu bulan masa kerja dirasa belum cukup untuk mahasiswa menyerap dan memahami lingkungan industri. Sehubungan dengan hal ini, mayoritas mahasiswa PENS merespon dengan positif. “Menurut saya, dengan masa kerja praktik selama tiga bulan, mahasiswa akan benar-benar mendapatkan ilmu dan pengalaman lebih banyak dibandingkan dengan hanya satu bulan,” tukas seorang mahasiswi Teknik Informatika yang sedang menjalani kerja praktik di PT. Indonesia Comnets Plus (ICON+) PLN, Ulfa Latifa Hanum.

Dengan perpanjangan masa kerja praktik ini, diharapkan mahasiswa dapat memaksimalkan kesempatan untuk terjun langsung di dunia industri. Selain itu, berbagai permasalahan yang dihadapi saat kerja praktik juga diharap dapat menambah pengalaman dan skill mahasiswa sebagai bekal saat terjun dalam dunia kerja yang sebenarnya. “Harapan saya semoga selama kerja praktik disini lancar, dapat banyak pengalaman, relasi, dan semoga ilmu yang saya pelajari di kampus sejalan dan bisa diterapkan disini,” jelas Cahyo. (res/ani)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    6 + 8 =