Try Out UMPN 2018 : Beri Gambaran Tentang UMPN dan PENS Pada Peserta


Diterbitkan 2 minggu 4 hari yang lalu


Try Out UMPN 2018 : Beri Gambaran Tentang UMPN dan PENS Pada Peserta
Photo By : ENT - Dea

EEPIS Online - Memasuki semester genap tahun ajaran 2017/2018, persiapan untuk menghadapi tes masuk perguruan tinggi gencar dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tengah duduk di kelas XII. Tak ketinggalan, Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) pun turut diminati oleh sejumlah besar siswa. Minggu (4/2), Kementrian Luar Negeri Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (BEM PENS) sukses menggelar Try Out UMPN 2018. Try Out ini diikuti oleh sekitar 700 orang siswa dan diselenggarakan secara serentak di tiga kota,  yakni Surabaya, Tuban,  dan Kediri.

Kegiatan yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa yang berminat mendaftar di PoliteknikNegeri, Try Out UMPN ini diadakan setiap tahun. "Try Out UMPN ini diadakan supaya calon mahasiswa baru bisa mempersiapkan diri untuk seleksi di UMPN," tutur Arif Syahbana selaku ketua pelaksana. Tak hanya itu,  kegiatan ini juga merupakan suatu bentuk branding kampus agar PENS dapat lebih dikenal oleh masyarakat.

Tahun ini, terdapat sesuatu yang berbeda dari pelaksanaan Try Out UMPN di tahun-tahun sebelumnya, yakni adanya Expo Jurusan. Seluruh program studi yang ada di PENS turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Bertempat di Lapangan Merah PENS, kegiatan ini bertujuan untuk memberi gambaran pada siswa mengenai berbagai program studi yang ada di PENS.

Terbagi dalam 17 ruangan, pengerjaan try out dimulai pukul 09.00 WIB selama 120 menit. Usai pengerjaan, kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi Focus Group Discussion (FGD). Pada sesi ini, para siswa dipaparkan mengenai PENS secara detail yang disampaikan oleh mahasiswa. Terdapat sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh para siswa. Try Out UMPN 2018 juga dimeriahkan dengan bazaar yang menghadirkan berbagai stand makanan.

Dengan kembali digelarnya kegiatan tahunan ini,  diharapkan mampu membantu para siswa untuk lebih memahami tentang politeknik, khususnya PENS. Selain itu, siswa juga diharapkan mendapat gambaran tentang soal-soal UMPN yang nantinya akan diikuti. “Dengan adanya Try Out UMPN ini, kami bisa jadi lebih tahu tentang PENS, dan soal-soal UMPN. Semoga PENS semakin sukses, dan semoga saya bisa diterima di PENS,” ungkap salah satu peserta, Widiyanto Pribadi. (res/ani)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    0 + 2 =