Rutin Digelar, Kuliah Umum Buka Wawasan Mengenai Neural Network & Deep Learning


Diterbitkan 2 minggu 3 hari yang lalu


Rutin Digelar, Kuliah Umum Buka Wawasan Mengenai Neural Network & Deep Learning
Photo By : Maulana - ENT

EEPIS Online – Program Studi Pascasarjana Terapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan agenda rutin yakni kuliah umum pada Jumat (29/12), . Kegiatan ini bertujuan untuk sharing berbagai update teknologi serta penelitian yang sedang berkembang di dunia. Dihadiri oleh dosen dan mahasiswa, kuliah umum berlangsung di ruang Mini Teater Gedung Pascasarjana PENS.

Kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan ini, dimulai sejak pukul 15.30 WIB. Topik yang menjadi pembahasan pada kuliah umum tersebut adalah Convolutional Neural Network & Deep Learning. Dengan tema tersebut, peserta diberikan penjelasan mengenai pembelajaran yang memodelkan susunan syaraf tiruan manusia.

Dr. Ali Ridho Barakbah, S.Kom., Ph.D yang merupakan salah satu dosen PENS dan peneliti di bidang knowledge engineering, berkesempatan menyampaikan materi mengenai neural network dan deep learning. Dalam penyampaiannya, ditegaskan bahwa pembahasan dalam kuliah umum ini merupakan topik yang sedang ramai didiskusikan di dunia. Bahkan, pembahasan mendalam mengenai jaringan syaraf tiruan mengalami peningkatan secara ekponensial setiap tahunnya.

Diakhir acara, terdapat sesi tanya jawab yang diikuti seluruh peserta dengan antusias. Tak hanya mahasiswa, dosen pun turut menyampaikan berbagai pertanyaan mengenai pengaplikasian dari materi yang disampaikan. “Pengaplikasian dari materi hari ini banyak kita lihat pada kehidupan sehari-hari, seperti pengenalan obyek pada gambar, deteksi, identifikasi dan lain-lain,” tutur Dr. Ali Ridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. Hampir seluruh aplikasi dan perkembangan teknologi saat ini memanfaatkan pengembangan jaringan syaraf tiruan. Tidak hanya itu, saat ini mahasiswa mulai melakukan pengaplikasian dari neural network pada tugas akhir mereka.

“Pembahasan mengenai deep learning dan neural network merupakan pengetahuan yang terus berkembang terutama di dunia IT. Kita tidak boleh hanya jadi penonton, kita harus tau dan ikut jadi pelaku dari perkembangan yang ada,” tegasnya. Dengan kuliah tamu kali ini, diharapkan seluruh peserta dapat menambah pengetahuan dan mengembangkan materi yang disampaikani dalam menyelesaikan berbagai permasalahan pada penelitian yang mereka lakukan. (tts/mus)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    3 + 8 =