Mahasiswa Bidikmisi Tingkatkan Kemampuan Melalui Pelatihan Bersertifikasi


Diterbitkan 3 minggu 3 hari yang lalu


Mahasiswa Bidikmisi Tingkatkan Kemampuan Melalui Pelatihan Bersertifikasi
Photo By : Dokumentasi Peserta

EEPIS Online – Selama satu minggu, (10-17/12) mahasiswa bidikmisi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mengikuti pelatihan mengenai Adobe Photoshop CS6. Pelatihan tersebut diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti). Bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa bidikmisi dari seluruh Indonesia. Bertempat di Politeknik Negeri Batam (Poli Batam). Sertifikasi yang dilaksanakan kali ini adalah sertifikasi dari Adobe yang bernama "Adobe Certified Associate" untuk program keahlian "Visual Communication using Adobe Photoshop"

Pelatihan tersebut mempelajari Adobe Photoshop, yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai market leader untuk perangkat lunak pengolah gambar ataupun foto. Oleh karena itu, mahasiswa bidikmisi PENS tertarik untuk mendaftar pelatihan tersebut. Mahasiswa yang mengikuti pelatihan, diantaranya Rochmaniah, Marlanisa Arifatul Afifah, Okky Dian Pradika,  Diah Permatasari, Sony Gusti Bachtiar, Alfian Tohari, Akemad Ragel, Pingky Titus Awalyah, Adelia Indah Kusuma Tantri, Alif Suprianto dan Dwi Mei Puspitoningrum.

Sesampainya disana, peserta yang mengikuti pelatihan, menginap di asrama. Pelatihan dilakukan selama satu minggu. Dimulai dari pengenalan awal mengenai Photoshop, hingga management project desain.  Seorang akademisi Multimedia dan Sinematografi dan juga dosen Poli Batam yakni  Liony Lumombo, S.ST, dan juga Alfian menjadi pemateri keahlian visual yang mengenai Photoshop. Setiap harinya mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut mendapat tugas. Dipenghujung pelatihan, terdapat pula test untuk menguji kemampuan mahasiswa menggunakan photoshop

Mahasiswa yang mengikuti pelatihan, diuji kemampuannya serta mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai penggunaan photoshop secara maksimal. ”Diharapkan, temen-temen yang mendapat kesempatan mengikuti pelatihan di Batam mampu membagi ilmu yang telah didapat, kedepannya semoga pelatihan seperti ini tidak hanya untuk mahasiswa bidikmisi tapi juga bisa diikuti temen-temen lainnya yang minat dalam pelatihan tersebut,” ungkap Sony Gusti Bachtiar. (umi/meg)




Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    9 + 6 =