Unjuk Kemampuan Membuat Aplikasi dan Game melalui Colaborative Hackathon


Diterbitkan 1 minggu 1 hari yang lalu


EEPIS Online – Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) terus meningkatkan pengetahuan serta minatnya melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah dengan mengikuti komunitas. Tidak hanya berinteraksi dengan sesama mahasiswa PENS, kali ini empat komunitas pada jurusan Teknik Informatika (IT) PENS yang tergabung dalam Forum Komunitas Teknlogi menyelenggarakan  Colaborative hackathon ITS x PENS yang berkolaborasi dengan jurusan Sistem Informatika (SI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Keempat komunitas tersebut diantaranya adalah Web Developer, GameKita, Advinity, serta Open Source Community (OSC).

Kegiatan kolaborasi ini baru kali pertama diadakan. Meskipun demikian antusiasme dari para peserta terbilang cukup bagus. Hal ini dibuktikan dengan pendaftar yang mencapai angka lebih dari tigapuluh peserta. Tentunya, kegiatan seperti ini bertujuan sebagai bentuk persaudaraan antara komunitas yang ada di IT PENS dengan SI ITS. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah para anggota komunitas untuk menunjukkan kemampuannya dalam membuat sebuah aplikasi maupun game yang telah mereka pelajari pada komunitas masing-masing.

Bertempat di kampus PENS, kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB. Dalam kegiatan ini terbagi menjadi beberapa sesi. Sebelum itu, para peserta terlebih dahulu dikumpulkan dalam beberapa tim, dimana satu tim terdiri dari tiga sampai empat orang. Pada sesi pertama para peserta diharuskan untuk membuat suatu prototype atau rancangan dari ide aplikasi maupun game yang akan dibuat. Selanjutnya, ide yang rancangan yang telah dibuat akan direalisasikan dengan pembuatan dalam sesi kedua. Pada sesi ketiga merupakan sesi finishing, dimana pada sesi ini masing-masing kelompok melengkapi serta menyempurnakan aplikasi maupun game yang telah dibuat. Serta sesi yang terakhir adalah presentasi, dimana para peserta mempresentasikan hasil karyanya kepada para peserta lain.

Seluruh peserta mengikuti serangkaian acara dengan antusias. Siti Aminatus Zahro, mahasiswa SI ITS menuturkan bahwa ia sangat tertantang dalam kegiatan ini. “Kegiatannya seru sekali, dimana dalam setengah hari saya harus mengerjakan suatu karya bersama teman-teman. Tentu kerja sama tim sangat dibutuhkan, karen dalam pembuatannya kami tidak melulu memprogram, namun juga membuat layout serta presentasi,” tuturnya.

Kegiatan diakhiri dengan penilaian oleh juri serta pemberian awarding kepada kelompok terbaik. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah ilmu serta wawasan mahasiswa PENS untuk terus berkarya. Selain itu diharapkan pula hubungan mahasiswa PENS dengan ITS dapat terus terjalin dengan baik. (ani)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    4 + 5 =