Tingkatkan Bakat Mahasiswa melalui Program Retooling


Diterbitkan 2 minggu 3 hari yang lalu


Tingkatkan Bakat Mahasiswa melalui Program Retooling
Photo By : ENT - Farah

EEPIS Online - Pelatihan program beasiswa retooling mahasiswa bidikmisi Pendidikan Tinggi Vokasi telah dibuka pada Jumat (24/11). Pembukaan tersebut bertempat di Ruang Teater Gedung D3 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Tidak hanya mahasiswa PENS, kegiatan ini diperuntukkan mahasiswa bidikmisi  dari Politeknik seluruh Indonesia. Peserta yang hadir terdiri dari mahasiswa Politeknik Negeri Madiun (PNM), Politeknik Negeri Fakfak (POLINEF), Politeknik Negeri Padang (PNP), Politeknik Negeri Tanah Laut (POLITALA), dan Politeknik Negeri Batam (POLIBATAM).

Melalui program yang akan dilaksanakan pada (24/11-30/11) ini, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) berusaha untuk meningkatkan bakat mahasiswa dalam bidang tertentu. Mulai dari sertifikasi Jaringan dasar, Pemeliharaan Sistem Kendali Berbasis PLC, Inspeksi Sistem Kendali Berbasis PLC,  Instalasi Listrik Bangunan Sederhana, Database dasar, Pemrograman Berorientasi Obyek, hingga Sertifikasi Konsep Pemrograman. Untuk pemaparan materi, bertempat di lab yang ada di PENS beberapa diantaranya yakni, lab database, lab soft computing, lab jaringan, lab instalasi listrik dan lab Plc.

Program Retooling ini akan dilaksanakan selama satu minggu. Program tersebut memiliki agenda pembinaan dan bimbingan sesuai bidang yang dipilih. “Dengan diadakan program ini, semoga mahasiswa yang sudah mempunyai kompetensi di bidang yang telah dipilih, bisa mendapatkan pengakuan, dan juga bisa bebas mengimplementasikan bidang yang dipilih,” tutur Aries Pratiarso, S.T., M.T., selaku ketua pelaksana.

Dalam pelatihan ini, peserta  terbagi dalam beberapa kelompok sesuai bidang yang dipilih. pembelajaran dilakukan di masing-masing lab yang menunjang pembelajaran mereka. Pembelajaran awal yakni pengenalan umum mengenai bidang yang telah dipilih. Sebelum itu, mahasiswa diharuskan telah mengetahui cara instaling, maupun pemrograman.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberi bekal kepada peserta dalam dunia kerja. “Tujuan mengikuti ini, karena dapat menjadi bekal untuk kedepannya, karena sangat diperlukan di masa mendatang. Namun saya harap tidak harus untuk bidikmisi tapi teman-teman non bidikmisi yang ingin belajar juga bisa ikut,” ujar Mirza Alvian selaku peserta. (umi/mus)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    4 + 0 =