Tumbuhkan Inisiatif dan Wawasan Legislatif dengan SELEGTIF PENS 2017


Diterbitkan 1 minggu 2 hari yang lalu


Tumbuhkan Inisiatif dan Wawasan Legislatif dengan SELEGTIF PENS 2017
Photo By : ENT - Junivia

EEPISOnline Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan Sekolah legislatif (SELEGTIF). Bertajuk “Urgensi Lembaga Legislatif dalam Sistem Pemerintahan” kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Teather Gedung D3 PENS. Berlangsung selama dua hari, tepatnya Sabtu, (11/11) hingga Minggu, (12/11), kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk pola pikir mahasiswa secara legislatif yang dapat mengetahui bagaimana cara membuat aturan, ketatanegaraan hingga sebuah pemerintahan.

  Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa PENS dari berbagai jurusan. Registrasi dibuka pada pukul 07.30 WIB yang  dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Memasuki acara inti, sambutan diisi oleh ketua DPM yakni Dima Maharika Dinama. Dilanjutkan dengan materi pertama yang disampaikan oleh Ahmad Burhanudin Yusuf mengenai sejarah Keluarga Mahasiswa (KM) PENS. Materi kedua mengenai sistem ketatanegaraan yang membahas tujuan suatu negara, terminologi konstitusi, dan masih banyak lagi. Materi ini disampaikan Fuzin,S.H.,LL.M yang merupakan dosen dari Universeitas Trunojoyo Madura (UTM). Materi terakhir dihari pertama, membahas aspirasi yang disampaikan oleh Gamelfour Ardiatus Sudrajad. Disela-sela acara terdapat game untuk membangunkan semangat para peserta. Tak hanya itu, diumumkan pula bahwa terdapat lomba foto dengan ketentuan penggunaan caption dan hastag yang telah ditetapkan.

Pada SELEGTIF hari kedua acara dimulai dengan pemberian materi oleh Roby Rahmatullah mengenai Sistem Pemerintahan KM PENS. Tak hanya sejarah KM PENS, materi mengenai Fungsi Advokasi yang menjadi hal penting, disampaikan oleh Ahmad Hilman Zulfikansyah. Dalam dua hari ini, sesi tanya jawab dan simulasi turut dilakukan setelah pemberian materi. Dipenghujung acara, mahasiswa dilatih untuk membentuk Rancangan Undang-Undang (RUU) serta mempresentasikannya, dalam hal ini para peserta terbagi dalam tiga tim.

Antusiasme baik ditunjukkan oleh peserta selama acara ini berlangsung. Pemberian cinderamata dan berfoto bersamapun dilakukan usai  pemaparan materi. “Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menghasilkan kader legislatif unggul, bukan hanya seorang anggota DPM PENS nantinya tapi juga untuk temen-temen di himpunan mahasiswa jurusan, yang mana dapat diketahui sekarang himpunan mahasiswa jurusan sudah ada yang mempunyai legislatif,” tutur Dima Maharika Dinama selaku Ketua DPM PENS. (umi/ani )





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    9 + 2 =