Asah Keterampilan dan Kreatifitas Mahasiswa Bidikmisi Melalui BIMATRA 2017


Diterbitkan 1 minggu 2 hari yang lalu


Asah Keterampilan dan Kreatifitas Mahasiswa Bidikmisi Melalui BIMATRA 2017
Photo By : Dokumentasi Panitia

EEPIS Online – Salah satu kegiatan pengembangan mahasiswa yakni Bidikmisi Management Training (BIMATRA) kembali digelar oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Program kerja yang dinaungi oleh EEPIS Bidikmisi Organization (E-Bio) ini merupakan kegiatan tahunan yang telah dilaksanakan kali keempat. Tahun ini, BIMATRA dihelat di Pondok Pesantren Darussalam Lawang, Malang pada hari Jum’at hingga Minggu kemarin (6-8/10). Sejumlah 125 Mahasiswa Bidikmisi angkatan 2017 menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

“Mengembangkan Keterampilan dan Pola Pikir Mahasiswa Bidikmisi Menuju Prestasi” menjadi tema BIMATRA kali ini. Tema tersebut mengasah keterampilan dan kreatifitas peserta agar lebih berprestasi. Sambutan dari Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Ir. Anang Budi Karso, M.T., menjadi pembuka kegiatan, sebelum peserta diberangkatkan. Dalam acara ini, terdapat banyak materi yang disampaikan, mulai dari Cara Menjadi Mahasiswa Prestatif, Sejarah Bidikmisi, Peran Mahasiswa di Lingkungan Masyarakat, hingga Organisasi.

Program Kreatifitas Mahasiswa Bidikmisi (PKMB) menjadi salah satu kegiatan utama dalam BIMATRA. Kegiatan ini mengharuskan peserta yang terbagi dalam sepuluh kelompok, untuk membuat prototype dan poster mengenai solusi dari permasalahan yang dipaparkan dalam video. Alat Pemanen Padi Otomatis, Golsy, Carrot Rolling Cutter, Technology Fullo Kincir, Smart Kandang, Magic Bohlam Fisher, dan Harvest Controller Machine Engineer merupakan solusi yang berhasil diciptakan. Usai pembuatan, masing-masing prototype mendapat penilaian dari panitia dan dosen yang menjadi juri.

“Peserta sudah dapat merealisasikan dan memahami konsep dari prototype yang dibuat. Prototype mereka sudah layak untuk dibawa ke PKM, namun harus lebih dikembangkan lagi,” ujar Hendrik Elvian Gayuh Prasetya, S.T., M.T., yang menjadi juri dalam adu kreatifitas ini. Prototype Smart kandang, menjadi karya terbaik dari perlombaan ini. Konsep yang diusung, yakni dengan menggunakan metode bidang miring yang mengalirkan kotoran sapi melalui penampang khusus yang dapat mengubahnya menjadi biogas secara langsung.

Pentas seni, senam pagi dan outbound juga turut memeriahkan serangkaian kegiatan. Antusiasme para peserta tampak jelas dari raut bahagia yang terpancar dari wajah mereka. Dengan kegiatan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat terlatih untuk mengatur dirinya agar aktif dalam berbagai kegiatan nantinya. Dalam momen ini, Ir. Anang Budi Karso, MT, mengungkapkan harapannya kepada mahasiswa bidikmisi PENS. “Belajar yang giat, supaya bisa mengangkat derajat baik di lingkungan rumah, masyarakat dan negara. Yang pasti juga harus lebih baik dari sebelumnya,” tuturnya. (dya/mus)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    0 + 3 =