Bedah Buku “Bergeraklah Mahasiswa!”: Tingkatkan Kontribusi Mahasiswa Kepada Bangsa Indonesia


Diterbitkan 1 minggu 2 hari yang lalu


Bedah Buku “Bergeraklah Mahasiswa!”: Tingkatkan Kontribusi Mahasiswa Kepada Bangsa Indonesia
Photo By : Zaka - ENT

EEPIS Online – Minggu, (8/10), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menggelar kegiatan Bedah Buku. Buku karangan Eko Prasetyo dengan judul “Bergeraklah Mahasiswa” menjadi topik yang diusung selama acara. Dilangsungkan di Ruang Teater Gedung D3 PENS, kegiatan ini diprakarsai oleh Kementerian Sosial Kebangsaan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PENS.

Sambutan Rizky Pratama selaku Ketua Pelaksana, menjadi pembuka kegiatan yang dimulai pukul 09.30 WIB.  Presiden BEM PENS yakni Paminto Nugroho, jugatidak ketinggalan menyampaikan sambutannya. Dalam acara Bedah Buku tersebut, terdapat dua sesi yang menghadirkan tiga pemateri.

Dalam sesi pertama, hadir Putut Prabowo yang merupakan anggota Aliansi Gerakan Reformasi Agraria (AGRA) Jawa Timur selaku pemateri. Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh anggota Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jawa Timur, yakni Wahyu Eka Setiawan. Sesi ini ditutup dengan pemberian kesempatan peserta, untuk bertanya langsung kepada pemateri.

Alfath Bagus Panuntun El Nur Indonesia yang merupakan pemateri dalam sesi kedua, mengungkapkan pentingnya pergerakan mahasiswa. Dengan membedah buku yang merupakan sekuel kedua ini, Alfath menjelaskan tentang keadaan sebagian besar mahasiswa yang segar tubuhnya tapi mati pikirannya. Dalam momen ini, Alfath juga berpesan kepada mahasiswa untuk memulai kontribusi secara nyata. “Mahasiswa harus mampu membangun titik temu dengan berbagai entitas untuk membentuk solidaritas dalam pergerakan,” ungkapnya disela-sela penyampaian materi.

Kegiatan yang ditutup dengan pembacaan sumpah mahasiswa ini mendapat tanggapan antusias tinggi, dari peserta yang tidak hanya berasal dari PENS. Pasalnya, materi yang dihadirkan sangat erat kaitannya dengan kehidupan mahasiswa.  “Kami mengambil topik ini, dilatarbelakangi individualisme yang terbentuk dalam diri mahasiswa. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kontribusi mahasiswa baik kepada almamater maupun bangsa Indonesia,” tutur Rizky Pratama. (mus)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    2 + 8 =